Kamis, 07 Februari 2013

Distrik-distrik di Hunger Games



Dalam novel karangan Suzzanne Colins menceritakan tentang Hunger Games yang merupakan sebuah game dimana setiap distrik (provinsi) di Panem harus mengirim sepasang pemuda laki-laki dan permpuan yang berumur 12 tahun sampai dengan 18 tahun dimana mereka dikirim di arena dan harus saling membunuh wakil dari 11 distrik lain dan satu orang yang terakhir hidup akan memenangkan Hunger Games tersebut. Di dalam novel tersebut diceritakan bahwa di Panem terdapat 12 distrik. Sekarang, mari kita ulas masing- masing distrik.

  1. Distrik 1




Distrik 1 merupakan distrik kaya di Panem yang merupakan penghasil barang-barang mewah serta perhiasan bagi Capitol (ibu kota Panem). Distrik 1 merupakan salah satu distrik penghasil peserta karier. Peserta karier merupakan peserta yang mendapat pelatihan selama beberapa tahun untuk menghadapi Hunger Games tersebut. Dalam peraturan Hunger Games, melatih peserta tidak diperbolehkan, tetapi hal tersebut tetap terjadi. Banyak pemenang berasal dari distrik ini. Dalam Hunger Games ke 74 distrik ini mengirimkan Glimmer dan Marvel.

  1. Distrik 2



Distrik 2 juga merupakan distrik kaya di Panem. Merupakan distrik yang letaknya paling dekat dengan Capitol. Distrik 2 merupakan distrik penghasil batu-batuan yang digunakan untuk pembanguna-pembangunan. Diketahui pada buku ketiga bahwa distrik ini merupakan penghasil para peacekeeper (Penjaga Perdamaian) maka dari itu distrik 2 menjadi distrik yang kaya. Peserta dari distrik ini merupakan peserta karier. Dan banyak pemenang berasal dari distrik ini. Pada Hunger Games ke 74 Distrik 2 mengirmkan Cato dan Clove.

  1. Distrik 3



Distrik 3 adalah distrik yang menghasilkan alat-alat elektronik, senjata, dan bom. Walaupun Distrik 3 menghasilkan barang elektronik, namun mereka bukan merupakan distrik kaya. Dalam Hunger Games ke-75 peserta dari distrik ini merupakan peserta yang berperan.

  1. Distrik 4



Distrik merupakan distrik yang bergerak dalam bidang perikanan. Letaknya dekat laut dan merupakan distrik kaya. Merupakan penghasil peserta karier. Para peserta dari distrik ini biasanya sangat ahli dalam berenang, menggunakan tombak, jaring, trisula, dan ahli membuat simpul-simpul. Banyak pemenang berasal dari distrik ini.

  1. Distrik 5



Distrik 5 adalah distrik penyupali energy di seantero Panem. Distrik 5 merupakan distrik vital di Panem tetapi bukan merupakan distrik kaya.

  1. Distrik 6



Distrik 6 adalah distrik penghasil alat transportasi. Transportasi utama yang dibuat adalah kereta yang merupakan jalur transportasi utama antar distrik biarpun pergi ke distrik lain butuh izin khusus. Orang-orang dari distrik ini justru jarang menggunakan alat transportasi untuk pergi ke tempat lain di distriknya.

  1. Distrik 7



Distrik 7 adalah distrik penghasil kayu. Sebagian besar dari distrik ini merupakan hutan, sehingga mereka menggunakan hutan ini sebagai sumber ekonomi utama. Mengambil kayu-kayu dihutan untuk di olah lagi di distrik lain dan diolah menjadi kertas. Peserta dari distrik ini ahli dalam menggunakan kapak, karena sejak kecil mereka sudah bekerja memotong kayu dengan kapak.

  1. Distrik 8



Distrik 8 adalah distrik penghasil bahan tekstil. Banyak pabrik-pabrik tekstil disini. Seragam penjaga perdamaian dibuat disini. Anak-anak dan orang dewasa bekerja di pabrik-pabrik. Merupakan distrik miskin.

  1. Distrik 9



Distrik 9 adalah adalah distrik penghasil bahan pangan berupa daging-dagingan dan hasil hewan lain. Di distrik ini banyak peternakan berupa ayam, sapi, domba, babi, dan masih banyak lagi.

  1. Distrik 10



Distrik 10 memliki sektor ekonomi yang hampir sama dengan distrik 11 yaitu pertanian. Namun, pertanian di distrik ini lebih dipusatkan pada lading gandum.

  1. Distrik 11



Distrik 11 adalah distrik agrikultur. Merupakan distrik yang memiliki sektor pertanian sebagai sektor ekonomi. Menghasilkan sayur, buah, dan lain-lain. Peserta dari distrik ini ahli dalam memanjat, mengenali tumbuh-tumbuhan, dan mampu bertahan di alam bebas. Biarpun menghasilkan bahan pangan, tapi distrik ini merupakan distrik yang miskin. Mereka mengirim Rue dan Tresh sebagai peserta Hunger Games 74.

  1. Distrik 12



Distrik 12 merupakan distrik yang menjadi sorotan utama dalam novel Hunger Games karena tokoh utama berasal dari distrik ini. Distrik 12 merupakan distrik yang menghasilkan batu bara. Merupakan distrik yang miskin. Katniss Everdeen dan Peeta Melark merupakan peserta Hunger Games ke-74 sekaligus Hunger Games ke-75 yang berasal dari distrik ini. Dalam sejarah, Distrik 12 hanya memiliki 4 pemenang yaitu seorang lelaki yang sudah meninggal, Haymitch yang merupakan mentor mereka di saat Hunger Games serta Peeta dan Katniss yang bersama-sama memenangkan Hunger Games ke-74.

  1. Distrik 13

Distrik 13 sebenernya adalah distrik yang sudah dimusnahkan oleh Capitol pada saat pemberontakan yang menyebabkan adanya Hunger Games. Namun, ternyata distrik ini berkembang di bawah tanah dan menjadi distrik yang kuat. Tetapi keberadaan Distrik 13 tidak diketahui oleh Capitol. Distrik ini merupakan distrik penghasil batu grafit tetapi sebenarnya distrik ini adalah distrik penghasil nuklir.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar